Rabu, 25 Oktober 2023

Pemanfaatan Platform Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mendukung MERDEKA BELAJAR | Pembatik Level 4 Tahun 2023

Merdeka Belajar adalah sebuah program yang digagas oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Bapak Nadiem Anwar Makarim sebagai upaya untuk bebas berpikir dan berekspresi. Kebijakan ini didorong oleh keinginan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan tanpa dibebani pencapaian target output akademik tertentu yang sulit dicapai. Ekosistem implementasi kurikulum merdeka ini memberi ruang pada pemanfaatan teknologi dan media untuk memberikan ruang fleksibilitas bagi guru dan siswa di satuan pendidikan. Untuk itu KemdikbudRistek Mengadakan Kegiatan Diklat Pembatik (Pembelajaran Berbasis TIK) Kepada Guru Seluruh Indonesia di Tahun 2023. Dengan Tema "Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar”

Perkenalkan saya  FAISAL CAN PUTRA, S. Pd, M. Pd Peserta Pembatik Level 4 Tahun 2023, merupakan sahabat teknologi dari UPTD SMP Negeri 1 Barru Kab. Barru Provinsi Sulawesi Selatan telah sampai kepada level 4 yaitu tahapan. "BERBAGI DAN BERKOLABORASI" aksi nyata saya bersama dengan guru-guru hebat dalam berbagi dan berkolaborasi dalam pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. Dapat dilihat pada link youtube berikut ini.

LINK VLOG PEMBATIK LEVEL 4 "BERBAGI & BERKOLABORASI"

Transformasi pembelajaran di Indonesia telah menjadi tantangan bersama untuk dijadikan problem solver dalam mendampingi satuan pendidikan untuk implementasi kurikulum merdeka. Dalam melakukannya dapat memanfaatkan kemajuan teknologi yang tersaji untuk menghadirkan inovasi pembelajaran yang menjawab kebutuhan negeri. 

Pada program Pembatik yang dicanangkan oleh kemdikbudristek ini mengupayakan terciptanya Belajar, Mengajar dan Berkarya untuk mendukung terciptanya Inovasi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dengan mengedepankan Pemanfaatan Platform Teknologi. Pada kegiatan pembatik ini terdapat kegiatan berbagi dan berkolaborasi, Dengan berbagi dan berkolaborasi, para pelaku pendidikan bisa saling belajar, saling mengisi dan melengkapi, yang menimbulkan sinergi diantaranya.

Sebagai guru Ilmu pengetahuan alam di UPTD SMP Negeri 1 Barru saya merancang dan mengimplementasikan inovasi pembelajaran berupa pembelajaran inovatif berbasis TIK. Pada video ini terlihat pada pembelajaran IPA yang saya lakukan, guru sebagai fasilitator menggunakan berbagai flatform teknologi seperti Canva, Youtube, Laboratorium Virtual,  dan Quiziz. Pada pembelajaran ini siswa bersama dengan guru memanfaatkan Teknologi dan Informasi di untuk melakukan pembelajaran IPA dengan menyenangkan dan berfokus pada siswa demi tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Pada Kegiatan Aksi nyata berbagi dan kolaborasi saya bersama dengan rekan-rekan guru di kecamatan barru melakukan kegiatan belajar dan berkarya bersama dengan belajar bagaimana membuat video pembelajaran yang berkualitas dengan menggunakan berbagai platform teknologi seperti canva, Youtube, Filmora, Lab Virtual, dan Quiziz. Dalam Kegiatan  aksi nyata saya, sebagai guru yang telah mendapatkan pembelajaran dari kegiatan Pembatik 2023 ini adalah dengan melakukan kegiatan berbagi bersama dengan guru smp di kecamatan, barru Kab. Barru. Dengan metode luring, Saya berusaha memberikan pengimbasan kepada teman sejawat untuk mengimplementasikan TIK kedalam pembelajaran mereka,

Terakhir, pada kegiatan berbagi dan berkolaborasi pada pembatik level 4 ini, saya melakukan Webinar dengan komunitas belajar yang ada diluar provinsi Sulawesis selatan dalam hal ini provinsi bangka belitung. Yang tujuannya adalah saling sharing informasi dan belajar bersama untuk bisa salaing mengetahui perkembangan TIK di daerah masing-masing yang dikhususkan pada pemanfaatan TIK dalam dunia pendidikan yaitu dalam pembelajaran di kelas.

Sebagai Sahabat Teknologi 2023 saya sangat menganjurkan bagi para sahabat guru dimanapun berada untuk selalu mengupdate kompetensinya di bidang Teknologi dan Informasi sebagai jalan untuk selalu Belajar dan berkarya demi kemajuan dan kualitas Pembelajaran. Yang pada akhirnya akan memberikan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa demi terwujudnya Merdeka Belajar yang diharapkan.

Terima Kasih.

Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

Faisal Can Putra, S.Pd, M.Pd (Sahabat Teknologi Sulsel 2023)

Guru IPA UPTD SMP Negeri 1 Barru, Kab. Barru, Prov. Sulawesi Selatan

#PusdatinKemendikbudristek
#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2023
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemanfaatan Platform Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mendukung MERDEKA BELAJAR | Pembatik Level 4 Tahun 2023

Merdeka Belajar adalah sebuah program yang digagas oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Bapak Nadiem Anwar Makarim seb...