Minggu, 13 Agustus 2017

KESIAPAN PENDIDIKAN INDONESIA UNTUK MELATIHKAN HIGH ORDER THINKING SKILL-HOTS DALAM MENGHADAPI MEA
Faisal Can Putra1), Ichsan Muttaqin2) Ika Utami Setyarini3)
Guru SMPN 1 Barru dan Mahasiswa S-2 Sains Pascasarjana UNESA
Guru SMPN 3 Meolabuh dan Mahasiswa S-2 Sains Pascasarjana UNESA
Guru SMPN 6 Bontang dan Mahasiswa S-2 Sains Pascasarjana UNESA
 Abstrak
Kajian Literatur ini untuk mengembangkan Kesiapan Pendidikan Indonesia untuk melatihkan High Order Thinking Skill (HOTS) dalam menghadapi MEA. Berdasarkan hasil dari Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2015 . Indonesia berada peringkat 60 dari 68 negara partisipan PISA. Skor total Indonesia pada PISA adalah 403 dan skor rata-rata seluruh negara partisipannya adalah 493. (OECD, PISA: 2015). Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa skor Indonesia berada dibawah rata-rata skor seluruh negara partisipan PISA. MEA  merupakan bentuk realisasi dari tujuan akhir integrasi ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Terdapat empat hal yang akan menjadi fokus MEA pada tahun 2015 yang dapat dijadikan suatu momentum yang baik untuk Indonesia.. Untuk itu diperlukan penerapan Kesiapan Pendidikan Indonesia untuk melatihkan High Order Thinking Skill (HOTS) dalam menghadapi MEA untuk memulai memperbaiki sistem pendidikan yang ada di Indonesia melalui perbaikan kurikulum yang berjalan. Kesiapan pendidikan indonesisa dari segi peran guru profesional  sebagai pencetak para sumber daya manusia yang kelak akan menjadi pelaku di era MEA serta kesiapan siswa untuk melatih daya nalar dalam menghadapi permasalahan.
Kata-kata Kunci: Pendidikan Indonesia, High Order Thinking Skills (HOTS), dan MEA.
Abstract
Literature aims to develop Indonesia's Education Readiness to have High Order Thinking Skills (HOTS) in the face of the MEA. Based on the results of the Programme for International Student Assessment (PISA) in 2015. Indonesia was ranked 60 out of 68 participating countries PISA. Indonesia's total score on the PISA is 403 and the average score of all countries participants is 493. (OECD, PISA: 2015). Based on the above data it can be concluded that Indonesia's score is below the average score of all the participating countries PISA. MEA is a form of realization of the ultimate goal of economic integration in Southeast Asia. There are four things that will be the focus of the AEC in 2015 which can be used as a good momentum for Indonesia .. It is necessary for the implementation of Indonesia's Education Readiness to have High Order Thinking Skills (HOTS) in the face of MEA to start repairing the existing education system in Indonesia through improvements in curriculum running. Indonesisa education readiness in terms of the professional role of the teacher as a printer of the human resources that would become actors in the era of MEA and readiness of students to exercise the power of reason in dealing with problems.

Keywords: Indonesia Education, High Order Thinking Skills (HOTS), and MEA

Download Fullpaper  >>>>>>>> Sebarkan dan Manfaatkan Ilmu,dan Jangan lupa berterima kasih !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemanfaatan Platform Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mendukung MERDEKA BELAJAR | Pembatik Level 4 Tahun 2023

Merdeka Belajar adalah sebuah program yang digagas oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Bapak Nadiem Anwar Makarim seb...